Saat ini banyak sekali pemodif yang mempercantik
tampilan motornya. Ada yang menggunakan permainan cat ada juga
yang tampil kinclong bagaikan kaca berjalan. Anda pasti sudah tahu
apa yang di maksud dengan "kinclong bagaikan kaca berjalan" kan ?.
yap betul kinclong bagaikan kaca berjalan adalah dengan Chrome pada bagian
kendaraan bermotor.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Modifikasi kinclong dengan aksen variasi krom,
memang memberikan kesan bersih dan elegan. Tapi, bila tidak benar dirawat,
bukannya motor tambah keren, malah jadi buluk. Bodi yang kinclong tadi malah
gampang terkelupas macam kulit.
Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang cara merawat chrome
dan pantangannya.
han-otomotif.blogspot.com
Merawat krom bukan perkara susah. Hanya saja, banyak
orang yang tidak menyadarinya. Salah kaprah yangkerap terjadi dalam merawat
krom adalah membersihkan dengan pembersih atau silikon layaknya memoles cat
motor. Padahal, bukannya bikin motor kinclong, yang ada krom makin buram karena
lapisan luar krom tergerus.
han-otomotif.blogspot.com
Memang, di pasaran onderdil banyak yang menjual obat
poles khusus krom. Tapi kalau mau cara mudah dan gampang, ada sedikit tips
merawat lapisan krom pada motor anda biar tidak perlu belanja ke toko
spare-part, untuk mengganti spare part yang karatan dikarenakan kurangnya
perawatan. Hanya butuh perlakuan halus untuk merawat krom, agar tetap awet dan
tahan lama.
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Perawatannya :
han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
1. Tepung Kanji atau Bedak Bayi
1. Tepung Kanji atau Bedak Bayi
han-otomotif.blogspot.com
Krom bisa
dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi, bersihkan dahulu barang
yang sudah berlapis krom dengan sabun cuci piring, dan gunakan air mengalir,
bukan air bertekanan tinggi. Intinya, sabun cuci piring diyakini punya
kemampuan lebih untuk mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal,
begitu juga penggunaan air bertekanan yang tinggi bisa membuat lapisan krom
terkelupas.
han-otomotif.blogspot.com
Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan tidak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom". Maksudnya, biar tak kasat mata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang. Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan untuk krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir, walau halus.
han-otomotif.blogspot.com
Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion. Jangan ketinggalan bagian tekukan, soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi harus ekstra hati-hati. Dan jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles kromnya.
han-otomotif.blogspot.com
Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan tidak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom". Maksudnya, biar tak kasat mata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang. Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan untuk krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir, walau halus.
han-otomotif.blogspot.com
Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion. Jangan ketinggalan bagian tekukan, soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi harus ekstra hati-hati. Dan jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles kromnya.
han-otomotif.blogspot.com
2. Cat Clear
han-otomotif.blogspot.com
Yang kedua krom bisa dirawat dengan cat clear. Jika
komponen motor anda yang di krom sulit untuk di bersihkan seperti
lengan ayun dan roda lebih baik anda mengeluarkan duit sedikit untuk
membeli cat clear untuk di semprot pada komponen yang sulit di
bersihkan. Karena logam juga mempunyai pori - pori seperti manusia, jika
di tutup clear akan mengurangi menyelinapnya air asam tadi.
han-otomotif.blogspot.com
3. Bubuk Magnesium
han-otomotif.blogspot.com
Yang ketiga krom bisa dirawat dengan bubuk
magnesium. Bubuk magnesium yang terdapat di toko bahan kimia namun kalau tidak
ada cukup dengan bedak bayi atau tepung kanji. Cara perawatannya sama
dengan menggunakan bedak bayi dan tepung kanji. Yaitu cukup dengan ditaburkan
secara merata keseluruh permukaan yang ada lapisan chrome. Kemudian di lap
dengan kain berbahan lembut atau chamois (kanebo) dan kering.
han-otomotif.blogspot.com
4. Sinar Matahari
han-otomotif.blogspot.com
Cara selanjutnya dalam merawat krom adalah meniru
gaya turis di pantai. Yaitu dengan mandi matahari atau berjemur. Sebelum mandi
matahari, sebaiknya motor dicuci dengan air sabun. Ingat, hanya dengan air
sabun. Tapi, setelah itu motor harus dijemur di bawah matahari layaknya
bule di pantai Kuta, Bali. Bila kulit bule dijemur makin gelap, sebaliknya krom
dijemur bisa makin terang. Karena panasnya matahari mampu mengeluarkan kadar
air yang tersimpan dibalik lapisan krom.
han-otomotif.blogspot.com
5. Chrome polisher
han-otomotif.blogspot.com
Merawat krom juga bisa menggunakan produk buatan
pabrik yaitu Chrome Polisher. Chrome Plisher harganya sekitar 60-150 ribu per
kemasan botol. Penggunaannya cukup sederhana yakni dengan bantuan media
penggosok kertas bekas. Tuangkan polisher ke kertas bekas, gosok secara merata
pada lapisan krom. Diamkan beberapa saat hingga kering, lanjutkan pembersihan
dengan kain bersih.
han-otomotif.blogspot.com
6. Minyak Kayu Putih
han-otomotif.blogspot.com
Perawatan krom yang
selanjutnya juga bisa minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih bisa
dilakukan dengan menuangkan minyak kayu putih ke kain lap bersih untuk
digosokkan ke permukaan krom yang kotor dan dibiarkan menguap. Setelah kering, lakukan pengelapan dengan kain lap
bersih.
han-otomotif.blogspot.com
7.Pasta gigi putih non
gel
han-otomotif.blogspot.com
Merawat krom juga bisa menggunakan pasta gigi putih
non gel. Jika menggunakan pasta gigi non gel maka yang harus disiapakan adalah
pasta gigi putih non gel dan lap katun. Langkah-langkahnya dengan menyiapkan
lap katun yang halus dan bersih. Lalu oleskan pasta gigi ke permukaan lap. Lakukan
pembersihan ke permukaan krom. Butiran-butiran mikron pada pasta gigi
secara otomatis akan membersihkan kotoran dan menghaluskan kembali permukaan
krom yang kusam. Biarkan beberapa saat, kemudian gosok dengan lap bersih.
Pantangannya :
han-otomotif.blogspot.com
1. Hindari mencuci dengan sabun deterjen. Jika
Bikes ingin mencuci motor, jangan sekali-kali menggunakan sabun deterjen merek
apa pun. Efek bahan kimia yang ada pada sabun deterjen akan mengkikis chrome.
Bila hal ini dibiarkan terus menerus, warna chrome lambat laun akan pudar dan
tidak kinclong lagi. Namun bila ingin mencucinya pakai sabun deterjen,
maksimal, sebulan sekali. Benda pembersih yang mengandung bahan kimia seperti
Autosol Metal Polish atau kit pun harus dihindari.
han-otomotif.blogspot.com
2. Jangan terkena larutan dengan kadar asam tinggi.
Larutan dengan kadar asam tinggi itu seperti air hujan, air laut, dan air
aki.. Saat motor terkena air hujan yang mengandung zat asam tinggi, segera
bilas tunggangan Bikes dengan air bersih lalu keringkan dengan lap. Jika malas
untuk mengkeringkan, tak apa-apa, asal jangan biarkan air hujan menempel pada
benda yang di chrome. Karena tingkat asam yang tinggi dari air hujan akan
merubah warna chrome. Dan bila Bikes memang tak sempat untuk langsung mencuci
motor yang terkena air hujan, batas waktunya maksimal hingga 2 hari. Jika
dibiarkan dari tempo itu, warna chrome akan rusak.
han-otomotif.blogspot.com